Welcome To Roemah Ilmoe...
go to my homepage
Hopefully Useful

Belajar Membuat Blog Di Blogger (blogspot.com)

Beberapa hari yang lalu saudara saya minta dibuatkan blog, tapi daripada cuma  buatkan aja ya mending sekalian nuntun dia belajar sendiri bikin blognya. Untungnya dia malah seneng, karena saya bilang bikin blog itu Mudah...!! Hebatnya dalam hitungan hari saudara saya yang awam tentang dunia blogger, setelah dikenalkan apa dan bagaimana serta tujuan membuat blog, malah jadi ketagihan tiap hari nge-blog terus...hehe
Bagi Anda yang ingin mencoba membuat blog silakan baca terus kelanjutannya. Saya coba jelaskan langkah-langkah dasar membuat blog di blogger (blogspot.com). Tapi kenapa harus di blogger? ada  beberapa alasan yang membuat saya menggunakan blog satu ini, (bukan berarti yang lain ga bagus loh) alasannya yaitu kemudahan dalam mempelajari dan mengelolanya. juga lebih banyak situs-situs yang support fitur/script bahkan widgetnya di blog ini dan masih banyak lagi kelebihan lainnya dibanding penyedia blog sejenis. Intinya kita bisa belajar walaupun tidak ahli dalam bahasa HTML/CSS atau bahasa script lainnya bahkan kita yang awam bisa berekspresi di blog yang kita buat nanti.
Ok langsung aja ya...daripada panjang lebar nulisnya ... ikuti langkah berikut :

Pertama : siapkan Alamat Email (sebagai syarat utama) 
Bagi anda yang belum memiliki email silakan daftar dulu, contohnya yang gratis :
- di email @gmail.com Klik disini.
- di Yahoo Mail (@yahoo.com) Klik disini 
- untuk alamat email lainnya juga bisa anda gunakan.


Kedua : Miliki Account Google
Karena Blogger adalah milik dari Google group maka untuk masuk ke blogger, Anda harus memiliki Account login google.com. Tetapi jika anda memiliki Alamat email di Google (@gmail.com) berarti anda juga telah memiliki account google. 
Kemudian Silahkan kunjungi http://www.blogger.com. Anda akan mendapatkan halaman seperti pada gambar dibawah.
*Pilih Bahasa yang anda inginkan sebagai bahasa pengantar (sebagai contoh, saya pakai  bahasa Indonesia hehe Cinta Indonesia nih) lihat Tanda Panah Putih
*Jika Anda sudah memiliki Account atau email (gmail.com) di Google, Anda tinggal masuk (sign in) (Tanda panah Kuning), maka Anda akan masuk kePanel Kontrol.
*Tetapi Untuk kali ini saya anggap Anda belum memiliki Account Google. Klik pada kotak merah yang bertuliskan "BUAT BLOG" ( Lihat Tanda Panah Merah).
 Lalu muncul gambar berikut :


Account Google yang dibuat ini dapat Anda gunakan pada layanan Google lainnya atau Satu account Google bisa digunakan untuk mengakses semua fasilitas yang disediakan oleh Google.
Isikan Data dengan lengkap seperti contoh gambar diatas :
1. Masukkan alamat email yang Anda miliki atau yang baru anda buat (karena alamat email yang dimasukan harus sudah ada sebelumnya), tidak perlu menggunakan email @gmail.com. Email apa saja bisa, dan Anda akan dikirim konfirmasi ke email tersebut. 2. Lengkapi data yang lainnya.
3. Tandai "Saya menerima Persyaratan dan Layanan" sebagai bukti bahwa Anda setuju.
Setelah lengkap, klik tanda panah yang bertuliskan LANJUTKAN.
Jika Anda berhasil, Anda akan ke langkah ketiga. Namun bila gagal biasanya karena verifikasi kode Anda salah. Tenang saja, hal tersebut wajar kok...karena seringkali verifikasi kata memang sulit dibaca. Ulangi sampai berhasil atau successfully !
Ketiga : Beri Nama Blog
Saya doakan langkah kedua di atas berhasil ya...amin 
Setelah Anda berhasil mendaftar, Anda akan dibawa ke halaman seperti yang ada pada gambar di bawah ini. Sekarang Anda mulai membuat blog dengan mengisi nama dan alamat blog Anda.

Sebagai contoh, saya menamakan blog tersebut dengan nama B'lajar Blog. (isikan sesuai dengan keinginan dan tujuan blog anda masing-masing)
Karena contoh blog ini untuk belajar membuat blog, maka dalam memilih nama, harus berisi nama yang sesuai dengan tujuan atau isi posting nanti. Misalnya jika Anda ingin membuat ebook tutorial, tips dan trik, Anda bisa memilih kata kunci seperti Tips, trik, artikel, tutorial, ebook dan kata-kata kunci lainnya yang sesuai.
*Anda bisa mengecek ketersediaan alamat blog yang Anda pilih (tanda lingkaran orange). Jika tersedia bisa Anda lanjutkan. Jika tidak tersedia, maka Anda harus kreatif mencari nama lain atau memodifikasi alamat yang sudah ada, ditambahkan tanda min (-), underline ( _ ), angka, atau bisa juga dengan menyisipkan nama unik yang anda inginkan seperti contoh gambar di atas.
Jika sudah,  klik tanda panah bertuliskan LANJUTKAN.

Keempat : Pilih Template
Lalu muncul gambar berikut :

 

untuk memilih tampilan blog anda beserta tata letak dan backgroundnya silakan pilih template yang ada dulu untuk sementara. Pilihlah tema yang sesuai dengan selera Anda agar proses pembuatan blog bisa diselesaikan. 
Anda bisa preview tema dengan klik gambarnya. Untuk Memilih tema Anda klik (tandai) bulatannya seperti pada contoh gambar di atas (Lihat yang dilingkari arsir orange yaitu template "mudah".
Setelah itu Anda klik tanda panah yang bertuliskan LANJUTKAN

Kelima : Berhasil ..Blognya Jadi !
Selamat ya, sekarang Anda sudah memiliki sebuah blog dan sudah mulai bisa blogging untuk mengeluarkan ide, opini, info atau kreativitas Anda di blog dan dibagi ke dunia maya.


Sebetulnya masih ada beberapa hal yang harus Anda lakukan untuk mengelola blog yang telah anda buat, yaitu pengaturan, tata letak, penambahan eleman, dan penggantian tema jika Anda menginginkan tema yang lain. Ini untuk tingkat lanjut.
Setidaknya, Anda sudah memiliki blog dan bisa posting. Hal ini sudah cukup untuk tahap awal. Untuk mendalami masalah Blog lebih dalam, saya anjurkan Anda update terus di blog ini...hehe promosi dikit.

Untuk kreasi dan mempercantik blog anda bisa searching di google atau tunggu postingan selanjutnya ya...

Selamat mencoba....semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment