Welcome To Roemah Ilmoe...
go to my homepage
Hopefully Useful

Serangan Virus Stuxnet

Stuxnet merupakan virus baru di penghujung 2010. Jangkitannya luar biasa, hampir 60% dari computer dunia terkena virus ini. Hingga ulasan ini ditulis, belum diketahui secara pasti siapa dalang dibalik tindakan penyebaran virus ini, namun pihak Kaspersky dan Microsoft memastikan bahwa terdapat suatu kepentingan dan dana yang besar untuk menjalankan misi ini. Virus ini masih terus diselidiki hingga saat ini.

Stuxnet membuat seseorang merasa hardisk komputernya penuh secara tiba-tiba, padahal ia tidak merasa menyimpan file dalam kapasitas besar. Maka waspadalah jika Anda tiba-tiba merasa hardisk Anda penuh secara mendadak.
 
Indonesia tercatat menjadi negara tertinggi kedua yang di dunia yang terinfeksi Stuxnet, malware (malicious software) alias program jahat jenis worm yang tengah merajalela di dunia saat ini. Demikian hasil analisis Kaspersky Lab, pengembang solusi keamanan terkemuka yang berpusat di Rusia.
Stuxnet, sebuah worm komputer Windows spesifik pertama kali ditemukan pada bulan Juni 2010 oleh sebuah perusahaan keamanan yang berasal dari Belarus. Worm ini menjadi terkenal karena merupakan worm pertama yang memata-matai dan memprogram ulang sistem industri. Belakangan ini, serangan worm Stuxnet telah menimbulkan banyak spekulasi dan diskusi mengenai maksud dan tujuan, asal, dan – yang terpenting - identitas dari penyerang dan targetnya.

Kaspersky Lab belum melihat cukup bukti untuk mengidentifikasi penyerang atau targetnya, tetapi Kaspersky dapat mengkonfirmasikan bahwa ini adalah satu-satunya serangan malware canggih yang didukung dengan biaya besar, tim penyerang dengan keahlian tinggi dan pengetahuan teknologi SCADA yang baik.

"Serangan-serangan ini dapat digunakan sebagai alat untuk perang dunia maya atau terorisme dunia maya atau sabotase dunia maya yang bergantung pada sumber serangan dan targetnya. Sejauh ini apa yang telah kita lihat mengenai Stuxnet lebih cenderung digunakan sebagai alat untuk melakukan sabotase. Kaspersky Lab tidak dalam posisi untuk mengomentari sisi politik dari serangan ini," ujar Eugene Kaspersky, Co-founder and Chief Executive Officer of Kaspersky Lab dalam rilis persnya akhir pekan lalu.

Berdasarkan geografis penyebaran Stuxnet; Iran, India dan Indonesia memimpin dalam hal infeksi sejauh ini. Namun, epidemi Stuxnet (seperti epidemi lainnya) tidak statis; worm ini secara terus menerus menyebar, dan sementara beberapa sistem tetap terinfeksi, banyak dari sistem tersebut telah dibersihkan. Negara yang paling rentan serangan ini adalah India dengan jumlah serangan mencapai 86.258 unit komputer. Indonesia di pisisi kedua dengan korban34.138 komputer.

Tujuan utama worm ini adalah untuk mengakses Simatic WinCC SCADA, yang digunakan sebagai sistem pengendali industri dan bertugas untuk mengawasi dan mengendalikan industri, infrastruktur, atau proses-proses berbasis fasilitas. Sistem serupa digunakan secara luas pada pengilangan minyak, pembangkit tenaga listrik, sistem komunikasi yang besar, bandar udara, perkapalan, dan bahkan instalasi militer secara global.
Pengetahuan mendalam tentang teknologi SCADA, kecanggihan serangan yang berlapis-lapis, penggunaan beberapa kerentanan zero-day dan sertifikat yang sah membawa kita kepada pemahaman bahwa Stuxnet diciptakan oleh tim yang terdiri dari para profesional dengan keahlian yang sangat terampil dan memiliki sumber daya dan dukungan finansial yang besar.

Target serangan dan wilayah yang dijangkiti oleh worm ini (terutama Iran) menyiratkan bahwa mereka bukanlah kelompok penjahat dunia maya biasa. Lebih jauh lagi, ahli keamanan Kaspersky yang menganalisa kode worm tersebut menegaskan bahwa tujuan utama Stuxnet bukan untuk memata-matai sistem yang terinfeksi tetapi untuk melakukan sabotase.

Para peneliti di Kaspersky Lab menemukan bahwa worm tersebut mengeksploitasi dua dari empat kerentanan zero-day yang telah dilaporkan langsung kepada Microsoft. Analis Kaspersky telah bekerja sama dengan Microsoft untuk memastikan kelancaran dari peluncuran patch, serta memastikan pelanggan terlindungi dan memperoleh informasi mengenai serangan tersebut. Semua produk Kaspersky Lab telah berhasil mendeteksi dan menetralisir Worm,Win32,Stuxnet.

ANTIVIRUS ??
Berikut adalah 8 antivirus sementara yang bisa diandalkan untuk mendeteksi stuxnet:
1. Symantec mengenali virus ini dengan nama W32 Stuxnet
2. Kaspersky Lab mengenali virus ini dengan nama Trojan-Dropper.Win32.Stuxnet.e
3. PC Tools mengenali virus ini dengan nama Malware.Stuxnet
4. Sophos mengenali virus ini dengan nama Troj/Stuxnet-A
5. Microsoft mengenali virus ini dengan nama TrojanDropper:Win32/Stuxnet.A
6. McAfee mengenali virus ini dengan nama Stuxnet
7. Ikarus mengenali virus ini dengan nama Trojan-Dropper.Win32.Stuxnet
8. AhnLab mengenali virus ini dengan nama Win-Trojan/Stuxnet.517632.F

Source : Kompas.com  & shvoong.com

0 comments:

Post a Comment