Welcome To Roemah Ilmoe...
go to my homepage
Hopefully Useful

Dampak Lebih jauh dari GAME

Bermain Game dapat menimbulkan kecanduan, namun ada yang labih berbahaya daripada kecanduan...kira2 apa ya?
Dalam hal ini kita coba bandingkan antara kecanduan videogame dan kecanduan narkoba.  Jelas narkoba dilihat dari efek kesehatan langsung  sangatlah berbahaya, meskipun memang sudah tahu efek buruknya, lalu
mengapa masih banyak juga tergiur dan terjerumus menjadi budak narkoba? kita kembalikan pada  individu masing-masing jawabannya. Narkoba terkenal memiliki zat-zat yang dipercaya akan mengikat siapapun yang berani menggunakannya. Sekali terkena pengaruhnya, maka akan dibutuhkan waktu yang cukup lama bagi seseorang untuk melepaskan diri dari jeratannya. Dan tidak aneh jika pusat rehabilitasi pun mengalami berbagai problem yang berkaitan dengan banyaknya pecandu narkoba yang berusaha kabur alias melarikan diri. Kenapa?
Tentu karena mereka ini tidak kuat ‘menanggung derita’ dan ingin secepatnya merasakan kenikmatan semu dari NARKOBA.

Nah, yang akan kita bandingkan disini bukan bagaian prosesnya hingga banyak yang kepeleset masuk ke lingkaran setan NARKOBA. Namun, dari semua yang bisa diakibatkan oleh terlalu over-nya bermain game adalah kerusakan otak! Sebagian besar dokter setuju bahwa efek buruk yang bisa ditimbulkan dari "jor-joran" bermain game memang tidak cuma cedera pergelangan tangan, mata lelah atau penyakit jantung serta stroke saja, kerusakan otak dipercaya juga menjadi faktor yang bisa membuat gamers terancam. Nah, dengan semua efek samping tersebut, it would be better for us untuk berjaga-jaga agar semua penyakit yang kebanyakan mengerikan itu tidak sampai mendekati kita.
Secara keseluruhan kita bisa menarik kesimpulan bahwa efek bermain game yang terlalu lama terhadap organ tubuh kita, seperti :


MATA
Kecanduan video games pun sebenarnya kurang bagus. Jangan salah, tidak hanya satu masalah saja yang akan dialami tubuh ini jika kita terlalu lama bermain game. Mata sudah pasti menerima dampak langsung, jika terlalu lama bermain game maka mata terasa pedih.
Dr.Ashish Mehta, seorang pakar/ahli mata mengatakan bahwa pandangan seseorang akan mulai bermasalah jika orang tersebut memandang sebuah objek secara terus menerus. Selain mulai lelah, orang tersebut juga akan sedikit demi sedikit mulai tidak bisa sepenuhnya fokus terhadap objek tersebut. Beliau juga mengatakan bahwa jika tidak ingin bermasalah dengan mata (kacamata minus misalnya), sebaiknya beristirahat selama 10 menit setiap 30 menit bermain game.

TANGAN
Bukan hanya mata saja, tetapi tangan, tepatnya pergelengan tangan pun bisa bermasalah jika kita terlalu lama bermain game.
Dr. James Luck Jr., kepala Rumah Sakit Orthopedic mengatakan bahwa cedera tangan pun bisa didapat apabila kita terlalu memaksa diri terlalu lama menjalankan joystick/game. Nama medis cedera tersebut yaitu Carpal Tunnel Syndrome. Untuk menghindarinya, per
30 menit sekali, variasikanlah gerakan tangan anda.








JANTUNG
Pada dasarnya terlalu lama kita beraktifitas tanpa istirahat menyebabkan tubuh ini lelah. termasuk bermain game tanpa dirasa kelelahan itu karena asyiknya kita bermain dengan game yang seru misalnya.
Dr. Charles Wibbelsman, penulis The Teenage Body Book. Beliau mengatakan tidak ada bedanya duduk seharian bermain game dengan menonton tv dalam waktu yang lama. Artinya, aktifitas ini tidak sehat dan jangan harap ada kalori yang terbakar karenanya. Akan lebih buruk lagi bagi mereka-mereka yang punya kelebihan berat badan. Penyakit jantung, stroke atau serangan  penyakit yang lainnya bisa-bisa mengancam jiwa katanya. IT WILL BECAREFULLY
Jadi jika kecanduan videogames yang berlebihan sama berbahayanya dengan kecanduan narkoba. Maka tidak ada jalan lain untuk kita menjaga kesehatan semaksimal mungkin karena kesehatan itu “sangat mahal".
Mungkin saat-saat kita bermain game tidak langsung terasa, tetapi entah kalo suatu saat nanti. Inginkah kita di masa tua nantidigerogoti oleh begitu banyak penyakit yang menakutkan. Pikirkan masak-masak dan bijaklah memanajemen waktu dan pola hidup sehat kita dalam beraktivitas, makan dan beribadah. jika semua itu seimbang maka kesehatan kita lebih terjaga. Keep Your Health for Better Future.

dikutip dari: ilhamfiles.wordpress.com

0 comments:

Post a Comment